Telpon: 081-xxx-xxx-xxx Email: [email protected]

Profil

 

 

OPD

:

INSPEKTORAT KOTA MATARAM

 

TELEPON

:

(0370) 645092

 

KEPALA OPD

:

LALU ALWAN BASRI

 

EMAIL

:

[email protected]

 

ALAMAT

:

JL. dr. R. SOEDJONO - LINGKAR SELATAN MATARAM

 

WEBSITE

:

inspektorat.mataramkota.go.id

 

PROFIL INSPEKTORAT KOTA MATARAM :

SEJARAH SINGKAT INSPEKTORAT KOTA MATARAM

Inspektorat Kota Mataram sebelumnya menjadi instansi sektoral Departemen Dalam Negeri, dengan adanya peningkatan status Kota Administratif Mataram menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Mataram dengan Undang-undang Nomor 4 Tahun 1993 tentang Pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Mataram tanggal 26 Juli 1993 maka Inspektorat menjadi bagian kelengkapan lembaga administrasi Pemerintah Kota Mataram. Inspektorat Kota Mataram semula bernama Inspektorat Wilayah (ITWIL) sebagaimana Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 524 Tahun 1993 tanggal 23 Nopember 1993 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat Wilayah Kota Madya Daerah Tingkat II Mataram.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah yang kemudian diganti dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, memberikan kewenangan yang luas kepada Daerah untuk menyelenggarakan urusan rumah tangganya. Urusan pengawasan menjadi salah satu kewenangan Daerah, sehingga melalui Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 18  Tahun 2000 tanggal 23 Desember 2000, Inspektorat Kota Mataram resmi menjadi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan nama Badan Pengawas Daerah (BAWASDA). Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tanggal 23 Juli 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah merubah nomenklatur BAWASDA menjadi Inspektorat dan dikukuhkan dengan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Mataram tanggal 25 Juni 2008, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Walikota Mataram Nomor 34 Tahun 2016.

Inspektorat Kota Mataram sejak awal pembentukannya hingga saat ini telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan, yaitu :

  • Drs. H. Mahfud Ahmad (1994-1996)
  • Drs. M. Zamany Djamaluddin (1996-29 April 1998);
  • I Wayan Kertha, SH (29 April 1998 - 31 Januari 2005);
  • Drs. H. L. Wiramundra (31 Januari 2005 – 18 Agustus 2005);
  • Drs. M. Junaidi Najmuddin, MM. (18 Agustus 2005 – 24 Agustus 2006)
  • Drs. H. Lalu Anggawa Nuraksi (14 September 2006 – 30 Januari 2008) 
  • Ir. H. Makbul Ma’shum, MM. (30 Januari 2008 – Maret 2012);
  • Lalu Indra Bangsawan, SH. (Maret 2012 – Juli 2012);
  •  


    Drs. H. Lalu Junaidi ( Juli 2012 – Juni 2014); dan

    • Ir. H. Makbul Ma’shum, MM. ( Juni 2014 – Desember 2018)
    • Lalu Alwan Basri, S.Pi., M.Si (Januari 2019 – Sekarang)
    •  

       

       

       

       

       

       

      VISI DAN MISI

      • Visi
      • “Terwujudnya Pengawasan Internal yang Berkualitas dan Profesional menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”
      •  
      • Misi
      • Meningkatkan efektivitas Pengawasan Internal
    • Efektivitas pengawasan dapat diukur atas sejauh mana dampak
      pemeriksaan yang dilakukan oleh Auditor maupun Pejabat Pengawas
      Urusan Pemerintahan daerah (P2UPD) dapat memperbaiki tata kelola
      pemerintahan Kota Mataram. Berbagai kendala dalam menegakkan
      tata kelola pemerintahan yang selama ini terjadi harus dapat dituangkan dalam berbagai program dan kegiatan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan internal sebagaimana dimaksud dalam misi pertama ini. Fokus dari peningkatan efektivitas pengawasan internal sekurang-kurangnya meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan pemeriksaan.

      • Meningkatkan profesionalisme aparat pengawas intern pemerintah
      • Profesionalisme adalah kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain sebagaimana yang sewajarnya terdapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional. Profesionalisme dalam pengawasan internal berhubungan dengan “profesi” Auditor maupun Pejabat Pengawas Urusan Pemerintahan daerah (P2UPD) yang harus memenuhi standar kompetensi dan independensi dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian, efektivitas pengawasan internal juga berhubungan dengan bagaimana pemeriksaan dilaksanakan oleh Auditor dan Pejabat Pengawas Urusan Pemerintahan daerah (P2UPD) yang memiliki keahliandan pelatihan teknis yang cukup, independensi dalam sikap mental, dan penggunaan kemahiran profesional dengan cermat dan seksama.
    •  

       

       

      KEDUDUKAN, TUGAS POKOK DAN FUNGSI

      KEDUDUKAN

      Pasal 2 Peraturan Walikota Mataram Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Inspektorat Kota Mataram, menetapkan Inspektorat merupakan unsur penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang dipimpin oleh Inspektur. Inspektur dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

      TUGAS POKOK 

      Inspektorat berdasarkan Peraturan Walikota Mataram Nomor 34 Tahun 2016 Pasal 2 ayat (4) mempunyai tugas membantu Walikota membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan oleh Perangkat Daerah.

      FUNGSI

      Inspektorat dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan Peraturan Walikota Mataram Nomor 34 Tahun 2016 Pasal 2 ayat (5) menyelenggarakan fungsi:

      • Perumusan  kebijakan  teknis  bidang  pengawasan  dan fasilitasi pengawasan;
      • Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan  melalui  audit,  reviu,  evaluasi,  pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya;
      • Pelaksanaan  pengawasan  untuk  tujuan  tertentu  atas penugasan Walikota;
      • Penyusunan laporan hasil pengawasan;
      • Pelaksanaan administrasi inspektorat; dan
      • Pelaksanaan  fungsi  lain  yang  diberikan  oleh  Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.
    •